Posted by: anfit | 01/04/2010

Tali Asih Kedua dari Pakde

Postingan rada telat nih..

Beberapa hari yang lalu, kiriman tali asih dari Pakde sampai lagi ke rumahku. Sebuah dompit (dompet kempit, kata Pakde) warna coklat yang sangat cantik. Saking senangnya, langsung saja kupindahkan semua isi dompet lamaku ke dalam dompet baru ini, he..he.. Terima kasih ya Pakde… :D

Ini dia tanda cinto dari Pakde…

Posted by: anfit | 26/03/2010

Ingin Sampai Tujuan? Terus Motivasi Diri!

Semua kejadian yang telah dialami oleh seseorang akan mempengaruhi emosi dan motivasinya terhadap sesuatu hal. Makin termotivasi, jika hal itu dilihatnya sebagai kejadian yang positif pada dirinya. Sebaliknya, menjadi frustasi, jika kejadian itu menimbulkan perasaan negatif padanya. Lakukan 2 hal berikut ini agar kejadian apapun memacu motivasi Anda mencapai tujuan :

  1. Melibatkan diri dengan kejadian yang bersifat positif. Hidupkan kembali pengalaman atau peristiwa menyenangkan itu seolah Anda berada di sana. Lihat, dengar, rasakan.
  2. Sebaliknya, lepaskan diri dari suatu kejadian yang negatif. Pikirkan seolah-olah Anda ada di luar peristiwa itu. Jika sudah terlatih, cara ini memudahkan Anda melupakan peristiwa yang membuat trauma.

(Motivate People, Get The Best From Yourself and Others – Gavin Ingham)

Posted by: anfit | 23/03/2010

Relaksasi? Mudah!

Deep breathing  (bernapas dalam-dalam)

Cara relaksasi termudah dan sangat powerful. Bisa dikombinasikan dengan elemen relaksasi lain, misalnya aromaterapi dan musik. Lakukan di mana saja, kapan saja memerlukannya. Cobalah menarik napas dari bagian abdomen, bukan dari dada atas. Tujuannya adalah agar jumlah oksigen masuk maksimal ke dalam paru-paru. Makin banyak oksigen yang dihirup, akan makin berkurang perasaan tegang dan cemas yang dirasakan.

Pijat kepala

Letakkan kedua jempol di belakang kedua telinga, jari lainnya merangkum kepala, lalu pijat kepala secara melingkar ke depan dan ke belakang dengan menggunakan tekanan di ujung-ujung jari. Lakukan 15-20 detik.

Istirahatkan mata

Pejamkan kedua mata. Letakkan jari manis di bawah alis dekat puncak hidung. Tekan sekitar 5-10 detik, lalu lepaskan perlahan. Ulangi 2-3 kali.

Hilangkan pundak tegang

Silangkan tangan kiri anda ke pundak kanan, tekan otot di atas bahu dan buatlah gerakan pijat melingkar. Lakukan yang sama untuk pundak kiri.

Hilangkan ketegangan sinus

Letakkan ujung jari di puncak hidung, gerakkan ke bawah. Lalu dari arah tulang pipi ke bagian luar atas mata.

sumber : http://www.helpguide.org

Posted by: anfit | 20/03/2010

Belimbing the star fruit

“Mama..itu apa ma..?” tanya si sulungku yang bulan ini genap berusia 3,5 tahun sambil menunjuk potongan buah yang kuletakkan dalam piring. “Bintang kuning…” lanjut anakku…

“ini namanya buah belimbing, sayang…” jawabku. “belimbing ya ma…” anakku mengulanginya. “iya sayang…mamas mau ?” tanyaku. “Mau ma…” sahut si mamas girang. “aku juggaa….” tiba-tiba adiknya menimpali. :)

“ayoo ke sini…ajak Bapak juga ya…” kataku sambil menggiring anak-anakku duduk. Hari ini kita makan buah belimbing… :D

Hampir dipastikan bahwa semua orang mengenal buah belimbing. Belimbing dibedakan atas dua macam yaitu belimbing manis dan belimbing asam/wuluh. Sewaktu muda buahnya berwarna hijau muda dan berubah kuning sampai kemerahan setelah tua. Orang Barat menyebutnya sebagai star fruit, karena bila diiris melintang bentuknya mirip seperti bintang.

Jenis belimbing manis yang diunggulkan ciri-cirinya adalah bentuknya besar, warnanya menarik, seratnya halus, berair banyak, dan rasanya manis segar. Buah belimbing manis sangat lezat jika dimakan dalam keadaan segar, tetapi juga nikmat untuk dikonsumsi dalam bentuk juice maupun produk olahan lainnya. Oya, ternyata buah belimbing mempunyai kandungan gizi cukup tinggi yang bermanfaat bagi tubuh.

Disamping sebagai sumber nutrisi tubuh manusia, buah belimbing juga digunakan untuk pencegahan bahkan terapi berbagai macam penyakit, antara lain bermanfaat dalam :

  • Menurunkan tekanan darah
  • Anti kanker
  • Memperlancar pencernaan
  • Menurunkan kolesterol, dan
  • Membersihkan usus

Buah belimbing manis merupakan sumber vitamin C yang baik, juga zat besi dan zat kapur. Belimbing dapat digunakan sebagai anti oksidan yang berfungsi mencegah penyebaran sel kanker. Selain itu, bagi yang tahan terhadap makanan yang asam dan tidak mengidap sakit maag, juice belimbing sayur (belimbing wuluh) dapat menurunkan tekanan darah tinggi bila diminum sehari @ 1 sendok makan. Di Indonesia khasiat ini sudah banyak dikenal sebagai obat tradisional. Pada dinding sel belimbing terdapat pectin yang merupakan bahan pembentuk gel di dalam usus. Terbentuknya gel tersebut mempunyai pengaruh menurunkan kolesterol. Dalam hal ini pectin mengikat kolesterol dan asam empedu dalam usus serta mendorong pengeluarannya.

Hmmmm….selain yummy ternyata manfaatnya sangat besar ya star fruit ini.. :D

(sumber : http://agribisnis.deptan.go.id/)

Posted by: anfit | 19/03/2010

Mutiara Ilmu Hari ini

Barusan jalan-jalan ke blog mba Andari. Ada artikel yang cukup menarik perhatianku, karena sarat akan ilmu. Ilmu yang bermanfaat khususnya bagi pasangan suami istri, yang insya Alloh bisa menjadi tuntunan dalam mewujudkan keluarga yang sakinah, mawaddah & warrahmah…

Oleh karena itu, saking senangnya dengan materi artikel tsb, setelah meminta ijin pada sang pemilik, berikut saya posting lagi di sini, dengan harapan ilmu yang bermanfaat harus disebarkan seluas mungkin.. :)

Nasehat KH. EZ Muttaqien (alm) :

  • Dari sejak hari ini pujilah pasanganmu dengan sepenuh hati, jangan ada sedikit pun kisah kesalahan atau keburukan pasanganmu yang disimpan dalam benakmu.. simpan kisah indah saja tentang pasanganmu.. karena itu akan menjadi ibadah.. jika dia bersalah.. perbaiki dengan nasehat lisan yang indah.. jika nasehat itu dirasa akan menyakitkan.. berikan untuknya keteladanan saja…
  • Mudahkan istrimu untuk taat.. dengan cara menjadi suami yang mengagumkan.. mudahkan suami untuk sayang kepada istri dengan menjadi istri yang mengagumkan…Jika engkau ingin pasangan yang mengagumkan.. sanjunglah dia dengan hatimu.. maka dia akan menjadi pasanganmu yang mengagumkan..
  • Jika engkau memiliki kemampuan.. jangan engkau jual semua hanya untuk mendapatkan rupiah.. sisakan sebagiannya untuk akhiratmu.. jika engkau memiliki ilmu.. jangan engkau jadikan hanya untuk mencari nafkah saja.. sisakan sebahagiannya untuk mengenali keagungan Allah.
  • Buang jauh-jauh keangkuhan sepanjang hayat berumah tangga.. sepihak merasa lebih dari yang lainnya.. karena hal itu satu- satunya penyakit dalam rumah tangga..
  • Jadilah pasangan teladan untuk semua.. jadilah jariyah untuk ayah bunda tercinta..
  • Lakukan sekecil apapun kebaikan.. karena tidak ada kebaikan yang tidak memberikan keuntungan.. jangan katakan sulit untuk melakukannya.. lakukan saja.. karena kadang sering rasa sulit itu datang dari bisikan syetan…

Subhanalloh…semoga bisa menjadi pembelajaran untuk kita semua. Amiin… :D

Posted by: anfit | 19/03/2010

Have Fun ! Tertawalah !

Ternyata, orang dewasa hanya tertawa rata-rata 40 kali dalam sehari. Bandingkan dengan anak-anak yang tertawa rata-rata 400 kali dalam sehari. Tertawa membantu menghalau kecemasan, depresi, dan rasa sakit karena otak mengeluarkan hormon endorfin yang membangkitkan rasa tenang. Tertawa juga membantu melawan infeksi dalam tubuh dengan meningkatnya imunoglobin A dalam darah, yang menyebabkan meningkatnya aktivitas sel darah putih. Ketika tersenyum otot-otot wajah menjadi relaks dan menimbulkan perasaan yang sangat nyaman.

Jadiii…tunggu apalagi…have fun! Tertawalah! ha..ha..ha… :D

Posted by: anfit | 18/03/2010

Tali asih pertamaku

Horeeee…kemarin ketika sampai di rumah,  sepulang dari kantor, aku lihat ada bungkusan coklat yang menarik perhatianku. Hmmm……apa itu ?

Sesuai dengan dugaan, pasti itu tali asih dari Pakde Cholik. Jadi ga sabar untuk segera membukanya. Dan inilah tali asih dari Pakde.. :D

Terima kasih Pakde… Langsung dibaca bukunya & insya Alloh segera dipraktekkan…  :D

Posted by: anfit | 11/03/2010

My First Award

Alhamdulillah…segala puji bagi Alloh SWT….

Walopun newbie di dunia blogosphere…tak membuatku minder di sini… :P

Kemarin ga nyangka, dapet kado dari mba Monda (senaaangnyaa… :D )

Kenapa begitu senang ? Sebab ini adalah award pertamaku dari seorang sahabat blogger. Award ini disebut juga sebagai award berback-link, yaitu award ini dipasang di blog kita dan kemudian diteruskan ke 10 teman lain dengan memasang link teman tersebut. Teman tadi dipersilahkan mengirim ke 10 teman lain lagi. Begitu terus sambung menyambung. :D

Dan inilah award tersebut……

Okeh, karna itu aku ingin membagi award ini buat teman-teman blogger yang lain, diantaranya :

1.  Sari

2. Rayya

3.  Fitri

4.  Nana

5.  nDa

6.  mba Yani

7.  dek Nini

8.  Nina

9.  mba Andari

10. Kutubacabuku

Okey, finally…semoga teman-teman semua berkenan menerima award persahabatan ini dariku…. :D

Para sahabat blogger, pliss…terima ya award persahabatan dariku ini, tapi ada sedikit permintaan dariku (hehehe….sebenarnya ini ketentuan dari sononya, asal muasal award ini  :P ) :

a. Pasang di blog dengan menyertakan link para blogger yang akan menerima award anda

b. Katanya sih boleh disebarin boleh nggak, boleh 5 atau boleh 10  :D

Semoga berkenan ya teman-teman… :D  :D

Posted by: anfit | 08/03/2010

PR Pertemanan

Ini postingan rada telat sebenarnya…berhubung baru sekarang sempat posting, ya sudah, ga papa…lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, he..he.. :D

Mulanya BW ke tempat mba Fety , jadi “dapet” tugas nih..he..he…
Tapi asyik kok tugasnya, ga bikin pusing kepala, apalagi sampai ga bisa tidur, he..he.. :P
Okay…this the questions and the answers from me :)

1. where is your cell phone ? ada di atas meja kerjaku (kalau lagi dikantor), ada di atas kulkas (kalau lagi di rumah)

2. relationship ? maksudnya statusnya gituh ? menikah dan sudah dikaruniai 2 orang buah hati.

3. your hair ? tergantung sedang pakai baju warna apa, biasanya sih masih senada dengan bajuku (lhoh, maksudnyah?) iya, kadang item, kadang putih, kadang pink, kadang…. (STOP! serius nih..) he..he…mau tauu ajaah…rahasia dwoong…kan aku tutup pakai jilbabku, makanya aku bilang tergantung sedang pakai baju warna apa, nti warna jilbabku menyesuaikan..he..he..

4. work ? ibu rumah tangga, tapi masih nyambi juga jadi orang yang digaji, tapi suatu saat nanti aku akan alih profesi jadi orang yang meng-gaji orang lain (amin)

5. your sister ? cuma satu, sekarang tinggal di Pasuruan Jawa Timur bersama anak-anaknya ngikut dinas sang suami di sana.

6. your favorite thing ? bercanda dengan anak-anakku dikala libur… he..he..

7. your dream last night ? mimpi apa ya…? lupa… kayanya tidurnya semalam tepar banget karena kecapean, pagi sampai sore bebenah rumah… he..he..mumpung libur…

8. your favorite drink ? mineral water, air putih.. he..he

9. your dream car ? yang bersih, nyaman, dan muat buat sekeluarga

10. your shoes ? lagi seneng pake sendal teplek, lebih simple & enteng di kaki..

11. your fear ? jauh dari Sang Maha Kuasa

12. what do you want to be in 10 years ? jadi jauuuhhh lebih baik dalam segala hal

13. who did you hang out with last week ? sekeluargaku…ada suami, anak-anakku & ibuku. kebetulan kemaren kita belanja bulanan beli susu anak-anak, jadi ikut semua deh…he..he

14. what are you not good at ? kurang gaul… di rumah muluu…

15. one of your wishlist item ? bekerja dari rumah, biar bisa selalu bersama anak-anak…

16. where you grew up ? Semarang, my home town

17. last thing you did ? revisi gambar design WWTP Proyek Palimanan

18. what are you wearing ? baju batik plus celana panjang cream dengan kerudung yang senada dengan warna baju

19. your komputer ? PC kantor merk DELL

20. your pet ? apaan ya…di rumah sih ada cicak, semut, kadang nyamuk, hehehe…

21. your life ? colourful

22. missing ? udah lama banget ga makan bakmi GM, pengeeenn….

23. what are you thinking right now ? sore ini jalanan macet ga ya..? katanya Jakarta banjir…

24. your car ? insya Alloh masih indent.. :P

25. your kitchen ? sederhana sih…tapi lumayan buat rumah kliatan lebih rapih..

26. your favorite colour ? hijau… seger & sejuk di mata…

27. last time you laugh ? barusan aja, ngeledekin temen kantor yang suaranya kenceng banget kaya TOA, padahal dia cewe lhoh.. :P

28. last time you cried ? kapan ya..? udah lupa saking lamanya…hehehe… :P

29. love ? Alloh SWT, suamiku, anak-anakku, keluargaku, & seeeeemuuuaaa teman-temanku baik di dunia nyata maupun di dunia maya… :D

30. so, who wants to share their ONE’s ? how about ? maksutnyah apaan yah ??

31. person elected to the tag ? (tag ini saya teruskan kepada) teman-teman yang membaca postingan ini, kalau berkenan, silahkan diteruskan tag ini di blog masing-masing ya… :)

Okey…PR sudah dikerjakan…lega…. :D

Posted by: anfit | 03/03/2010

Rujak Kangkung Hot Spicy

Sebenarnya udah mau nulis dari hari minggu kemarin. Cuma, dua malaikat kecilku ngga bisa diam kalau melihat mamanya berhadapan dengan laptop. Yang berebut mencet tombol power lah, yang minta diputerin lagu kesukaannya lah, sampai yang iseng mencet kesana kemari keypadnya…huff….

Ya sudah, baru sekarang bisa posting… :D

Awalnya, long wiken kemarin, ga ada acara keluar, bawaannya males-malesaaaan…ngantuuuk teruus… Akhirnya pas iseng buka-buka buku resep, jadilah nyobain yang satu ini. Rujak kangkung hot spicy….hihihi…dari namanya aja udah ketahuan kan kalau ini benar-benar “tombo ngantuukk” hehehe… :D **jadi inget celetukan si Tukul di acara empat mata dulu**

Bahan :

kangkung, direbus

tahu, digoreng trus dipotong-potong

ketimun, dipotong-potong

tauge/toge/kecambah, disiram dengan air panas

Bumbu :

10 buah cabe rawit

3 buah cabe merah

1 sdt terasi

200 gr gula jawa

1/2 sdt asam jawa, cairkan

garam secukupnya

** bumbu-bumbu ini diuleg yaa sampai halus…buat yang ngga kuat pedes, cabe rawitnya bisa dikurangi aja ya.. :P **

Cara membuat : gampaang…simple aja kok.. tinggal dicampur aja bahan & bumbu yang dihaluskan tadi di atas piring, hehehe… :D

Dan jadinya seperti ini… taaarraaa…..

hmmmm…..yummy….huh..hah…huh…hah… (kepedesan ceritanya, hehehe)

Resep ini sengaja di tampilkan dalam rangka memeriahkan acara Ladies Program Rujak Antar Nusa di blog Pakdhe

Older Posts »

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.